Daur Ulang Busa Puntung Rokok



Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain.

Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung (walapun pada kenyataanya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi).
Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
  • Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
  • Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
  • Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.
Walaupun rokok sangat berbahaya, tetapi konsumen rokok sangat banyak. Di Indonesia, konsumen rokok bahkan dimulai dari anak kecil, remaja, dan dewasa. Mengapa orang banyak yang merokok? Selain rokok sangat berbahaya bagi tubuh manusia, rokok juga mempunyai limbah, yaitu dus rokok dan puntung atau busa rokok yang berfungsi sebagai filter pada rokok tersebut. Semakin hari, orang yag merokok kemungkinan akan semakin banyak, ini disebabkan oleh zaman dan adanya pengaruh budaya luar. Berapa banyak orang yang merokok tiap hari? Berapa batang rokok yang dikonsumsi oleh manusia tiap harinya dan berapa banyak busa rokok yang akan menjadi limbah? Bayangkan jika limbah busa rokok tersebut semakin banyak dan tidak terkendali. Busa rokok akan sangat sulit jika harus diuraikan oleh tanah. Apalagi para perokok sering membuang busa rokok tersebut secara sembarangan, baik itu dijalan, saluran air, dll. Bahkan ada yang pernah bilang “ini cuma puntung rokok, kecil kaya gini mana mungkin bisa menyebabkan banjir?”. Seandainya para perokok tahu lebih banyak tentang bahaya rokok dan dampak dari limbah puntung rokok, saya yakin para perokok akan semakin berkurang. Dan hal ini dapat mengurangi jumlah sampah yang menjadi masalah di Indonesia bahkan dunia.
Salah satu upaya untuk mengurangi limbah busa rokok adalah dengan cara mendaur ulang busa rokok tersebut (rycycle). Selain dapat mengurangi jumlah sampah, kita pun dapat membuat suatu produk dari daur ulang busa rokok tersebut. Salah satunya busa rokok didaur ulang menjadi busa untuk bantal. Prosesnya terbilang cukup mudah, bisa dilakukan sendiri dirumah. Proses daur ulang ini tidak danya dapat dilakukan oleh para perokok saja, tetapi juga dapat dilakukakn oleh semua pihak yang mencintai lingkungan.
Adapun proses daur ulang busa rokok menjadi bantal adalah sebagai berikut:
  1. Mengumpulkan busa rokok yang akan didaur ulang. Bagi para perokok, busa rokok jangan langsung dibuang tetapi simpanlah busa rokok dan pisahkan dari abu rokoknya
  2. Membuka lapisan yang melapisi busa rokok.
  3. Membersihkan/mencuci busa rokok dengan air bersih dan sedikit deterjen/sabun cuci.
  4. Menjemur/mengeringkan busa rokok yang telah dicuci/dibersihkan.
  5. Tahap akhir, masukan busa rokok kedalam kain yang akan dijadikan bantal.
Bantal daur ulang dari busa atau puntung rokok ini bisa dijual untuk menambah penghasilan kita. Untuk menambahkan nilai jual bantal tersebut, dapat dihias sesuai dengan selera kita.
Busa rokok yang tadinya tidak berguna lagi, ternyata mempunyai nilai tambah dan dapat dapat dijadikan suatu produk yang bermanfaat. Semoga cara ini dapat mengurangi jumlah limbah yang menjadi masalah akhir-akhir ini, sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga.
Bagi para perokok, STOP merokok!!!cintai dan lindungi lingkungan kita dari polusi dan sampah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " Daur Ulang Busa Puntung Rokok "

Posting Komentar

Copyright 2009 INERS MUSIC
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Blogger Templates